PRODES
Kurikulum Mata Kuliah
Design & Digital Marketing :
Mengetahui dasar-dasar estetika dalam desain
Mampu mengaplikasikan teori dasar desain pada project Desain Bisnis Online
Memahami elemen-elemen desain
Memahami prinsip desain
Memahami pengetahuan media
Mampu mengolah grafis vector
Mampu memolah konten social media instagram menggunakan software vector"
Mampu Eksplorasi tools pada corel draw
Mengetahui kebutuhan sosial media instagram
- Bedah elemen grafis pada konten instagram, kisi-kisi tugas besar: membuat akun instagram
- Pengenalan tool Corel, short cut, customize
- Pengaplikasian fitur text pada corel
- Membuat palet warna
- Mempresentasikan karya
Pengenalan dasar photoshop
Pengenalan typeface font, warna, rasio, keyboard shortcuts, icon
Berbagai macam situs penunjang
Pengenalan 3D Modeliing
Pengenalan UI aplikasi 3D open Source
Melakukan pemodelan bentuk dasar 3D menggunakan objek primitif
Dasar manipulasi modifier 3D
Lighting dan render setting
Pemahaman dasar animasi 3D
Desain karakter 3D
Penerapan animasi karakter yang sudah di Rigging
Pengenalan definisi fotografi
Dasar-dasar fotografi
Fitur-fitur kamera di HP
Aplikasi Editing di HP
Pengenalan videografi, dan peralatan
Teknik pengambilan gambar, shot, sudut pandang, dan pergerakan kamera
Editing dengan kdenlive
Pengkomposisian, dan pencahayaan
Alur Produksi Video
Membuat video Endorse dengan kamera lebih dari satu
Pengaplikasian Green Screen
Membuat video Product
Pengenalan Youtube dan Potensinya
Niche Pada Channel Youtube
Mengenal Jenis Format Konten
Membuat Channel Youtube, Upload Video dan Promosi
Data Analisa pada Youtube Creator Studio
Copyright, Monetisasi dan Aturan Youtube
Keyword dan 4000 Jam Tayang
Monetisasi dan Google Adsendse
Pengenalan storyboard, kebutuhan, tools, shot, scenes, sequences
Skill drawing - Karakter, figur pria dan wanita, perspektif
Proses membuat storyboard - camera angles & shots, script breaking down
Proses membuat storyboard - thumbnailing
Visual storytelling - bahasa visual & komposisi
Visual storytelling - aturan The P.O.V, 180 degree rules, camera move
Progress tugas besar membuat storyboard
Mempresentasikan karya
Kelas ini adalah kelas gambar untuk mahasiswa prodes sebagai portofolio kerja (bagi yang ingin bekerja ) dan GAP Year (bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di jurusan desain ) guna persiapan tahun depan. Semua mahasiswa reguler dipersilahkan untuk mengikuti kelas.
Pengenalan konsep Design brief
Perceptual map
Mood board
GSM
Tips Tipografi
Membuat Mock up
HKI
Desain logo
Pengenalan dasar Google Ads & Keyword Planner
Jenis kata kunci & pembuatan Iklan
Optimasi Iklan search
Remarketing & konversi
Pengenalan display Ads
Display Ads
Video YouTube Ads
Google my business
Pengenalan marketplace
Pembuatan akun dan upload produk bukalapak
Copywrting
Foto Produk
Dasar management ekspedisi packing dan pengiriman
Promosi
Dasar keamanan akun
Evaluasi akhir lapak
Pengenalan Ads Kolaborasi Instagram dan Facebook ( META )
Konsep Bisnis & Marketing
Sales Flow & Customer Journey
Platform Pelengkap Facebook Ads
Konten Untuk Beriklan Yang Pas
Facebook Personal
Business Account
Ads Manager
Menjalankan Campaign
Pembuatan Jaring-jaring kemasan kertas
Media qplikasi canva
Media mockup
File cetak desain kemasan
Logogram kemasan snack
Supergrafik kemasan snack
Supergrafik kemasan minuman
Jaring-jaring kemasan pouch
Pengenalan Website
Domain dan Hosting
Landing Page dan Website
Macam-macam CMS dan Provider Website
Referensi tampilan website,memilih theme wordpress sesuai kebutuhan: free maupun berbayar, nasional maupun internasional
Cara membuat Website Menggunakan WordPress dan Builder (Elementor)
Cara menggunakan Widget dan Plugin
Pengenalan riset pruduk
Setting goal marketing
Riset trend pasar sosial media
Riset Persona
Foto analysis
Riset ide produk dari marketplace
Riset kompetitor dan supplier
Borang Riset
Pertemuan ini adalah pendampingan pembuatan portofolio kerja, dimana mahasiswa diharapkan ketika sudah lulus prodes sudah membuat karya portofolio untuk penunjang kerja. portofolio dibuat dari tugas mahasiswa selama 1 tahun berkuliah di prodes



3D Modelling & Animation



Mengetahui dasar-dasar estetika dalam desain
Mampu mengaplikasikan teori dasar desain pada project Desain Bisnis Online
Memahami elemen-elemen desain
Memahami prinsip desain
Memahami pengetahuan media
Mampu mengolah grafis vector
Mampu memolah konten social media instagram menggunakan software vector"
Mampu Eksplorasi tools pada corel draw
Mengetahui kebutuhan sosial media instagram
- Bedah elemen grafis pada konten instagram, kisi-kisi tugas besar: membuat akun instagram
- Pengenalan tool Corel, short cut, customize
- Pengaplikasian fitur text pada corel
- Membuat palet warna
- Mempresentasikan karya
Pengenalan dasar photoshop
Pengenalan typeface font, warna, rasio, keyboard shortcuts, icon
Berbagai macam situs penunjang
Pengenalan UI aplikasi blender
Object mode
Edit mode
Modifier
Scuplt mode
Ideasi model
Praktek modeling
Praktek akhir modeling
Pengenalan definisi fotografi
Dasar-dasar fotografi
Fitur-fitur kamera di HP
Aplikasi Editing di HP
Pengenalan videografi, dan peralatan
Teknik pengambilan gambar, shot, sudut pandang, dan pergerakan kamera
Editing dengan kdenlive
Pengkomposisian, dan pencahayaan
Alur Produksi Video
Membuat video Endorse dengan kamera lebih dari satu
Pengaplikasian Green Screen
Membuat video Product
Pengenalan Youtube dan Potensinya
Niche Pada Channel Youtube
Mengenal Jenis Format Konten
Membuat Channel Youtube, Upload Video dan Promosi
Data Analisa pada Youtube Creator Studio
Copyright, Monetisasi dan Aturan Youtube
Keyword dan 4000 Jam Tayang
Monetisasi dan Google Adsendse
Kelas ini adalah kelas gambar untuk mahasiswa prodes sebagai portofolio kerja (bagi yang ingin bekerja ) dan GAP Year (bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di jurusan desain ) guna persiapan tahun depan. Semua mahasiswa reguler dipersilahkan untuk mengikuti kelas.
Pengenalan mesin dan jenis-jenisnya
Pengetahuan teknologi di sekitar 3D printing
Dasar persiapan printing dan perlakuan selanjutnya
Pengenalan 3D architectural & interior visualization
Modelling sederhana
Texturing 3D model
Export Import 3D model
Remapping & Texturing model
Menghias environment
Mengatur cahaya dan kamera
Rendering
Pengenalan riset pruduk
Setting goal marketing
Riset trend pasar sosial media
Riset Persona
Foto analysis
Riset ide produk dari marketplace
Riset kompetitor dan supplier
Borang Riset
Pengertian clay modeling, fungsi & peluangnya dalam industri.
Jenis jenis peralatan yang digunakan.
Jenis jeins dan karakteristik clay modeling (air drying, polymer & oil based).
Perencanaan awal: persiapan referensi bentuk objek.
Penjelasan langkah langkah pembuatan clay modeling
Pembuatan armature wire & Mengolah clay
Mengidentifikasi bentuk dasar objek, Mengaplikasikan clay pada armature wire, Membuat komponen: bentukan dasar objek.
Detiling komponen, melengkapi seluruh komponen, pembuatan tekstur, finishing, photogrammetry
Pengenalan storyboard, kebutuhan, tools, shot, scenes, sequences
Skill drawing - Karakter, figur pria dan wanita, perspektif
Proses membuat storyboard - camera angles & shots, script breaking down
Proses membuat storyboard - thumbnailing
Visual storytelling - bahasa visual & komposisi
Visual storytelling - aturan The P.O.V, 180 degree rules, camera move
Progress tugas besar membuat storyboard
Mempresentasikan karya
Pengenalan proses game development,
Photoshop interface, setting canvas/layer, brush setting, pixel art.
Timeline panel, pengetahuan tweening dan animasi frame by frame.
Construct Interface, Setting Canvas / layer, Impor Object, Behaviour Setting
Behavior Setting, Replace Object, Base setting Construct (event sheet), Base Arcade Game Setting
GamePlay: Arcade Shoot (base game) Scoring, Timer
Game Play : Drag and drop (base game ) Scoring, Leveling,
Mengetahui game adventure dengan base storytelling, Mengerti beberapa game play adventure
improvisasi konten story dan promosi sosmed
Membuat Rancangan Game, aset pendukung promosinya, mengangkat Issue lingkungan sekitar
Pengenalan Dasar Software Animasi 2D Moho
Karakter Aset
Karakter Aset
12 Prinsip Animasi
Proses Produksi Animasi
Proses Produksi Animasi
Camera Tool Moho
Konten Kreator Animasi dan Social Media
Pengenalan dan sharing media sosial
Platform digital media
Mengenal NFT
Mengenal Metaverse
Pembuatan VR sederhana
Pengenalan dan demo eye tracking
Pengaplikasian eye tracking dalam digital konten
Pertemuan ini adalah pendampingan pembuatan portofolio kerja, dimana mahasiswa diharapkan ketika sudah lulus prodes sudah membuat karya portofolio untuk penunjang kerja. portofolio dibuat dari tugas mahasiswa selama 1 tahun berkuliah di prodes
Design Fashion Technology



Mengetahui dasar-dasar estetika dalam desain
Mampu mengaplikasikan teori dasar desain pada project Desain Bisnis Online
Memahami elemen-elemen desain
Memahami prinsip desain
Memahami pengetahuan media
Mampu mengolah grafis vector
Mampu memolah konten social media instagram menggunakan software vector"
Mampu Eksplorasi tools pada corel draw
Mengetahui kebutuhan sosial media instagram
- Bedah elemen grafis pada konten instagram, kisi-kisi tugas besar: membuat akun instagram
- Pengenalan tool Corel, short cut, customize
- Pengaplikasian fitur text pada corel
- Membuat palet warna
- Mempresentasikan karya
Pengenalan dasar photoshop
Pengenalan typeface font, warna, rasio, keyboard shortcuts, icon
Berbagai macam situs penunjang
Pengenalan definisi fotografi
Dasar-dasar fotografi
Fitur-fitur kamera di HP
Aplikasi Editing di HP
Pengenalan videografi, dan peralatan
Teknik pengambilan gambar, shot, sudut pandang, dan pergerakan kamera
Editing dengan kdenlive
Pengkomposisian, dan pencahayaan
Alur Produksi Video
Membuat video Endorse dengan kamera lebih dari satu
Pengaplikasian Green Screen
Membuat video Product
Pengenalan Youtube dan Potensinya
Niche Pada Channel Youtube
Mengenal Jenis Format Konten
Membuat Channel Youtube, Upload Video dan Promosi
Data Analisa pada Youtube Creator Studio
Copyright, Monetisasi dan Aturan Youtube
Keyword dan 4000 Jam Tayang
Monetisasi dan Google Adsendse
Pengenalan UI aplikasi blender
Object mode
Edit mode
Modifier
Scuplt mode
Ideasi model
Praktek modeling
Praktek akhir modeling
Mata kuliah ini membahas penggunaan perangkat lunak dan teknologi visualisasi seperti CAD (Computer-Aided Design), Adobe Illustrator, Photoshop, dan perangkat lunak 3D untuk menghasilkan visualisasi produk fashion.
Mahasiswa akan mempelajari bagaimana teknologi telah mengubah cara perdagangan fashion dengan munculnya e-commerce, digital retailing, dan pengalaman belanja online. Ini mencakup aspek seperti strategi pemasaran online, manajemen platform e-commerce, dan analisis data penjualan.
Mahasiswa akan mempelajari bagaimana teknologi telah mengubah cara perdagangan fashion dengan munculnya e-commerce, digital retailing, dan pengalaman belanja online. Ini mencakup aspek seperti strategi pemasaran online, manajemen platform e-commerce, dan analisis data penjualan.
Mata kuliah ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian dan inovasi dalam bidang Teknologi Fashion. Mahasiswa akan bekerja pada proyek-proyek yang mengeksplorasi aplikasi teknologi dalam desain, produksi, atau pemasaran fashion
Mata kuliah ini membahas tentang pengembangan teknologi wearable, termasuk perangkat yang terhubung seperti smartwatches, pakaian pintar, dan aksesori cerdas. Mahasiswa akan mempelajari tentang integrasi teknologi dalam desain fashion dan pengembangan produk wearable.
Mahasiswa akan belajar tentang desain dan pengembangan produk fashion menggunakan teknologi terkini. Ini mencakup pemodelan 3D, rendering, prototyping, dan produksi digital
Mata kuliah ini membahas penggunaan gaya dalam industri fashion, termasuk analisis data penjualan, analisis tren, dan perkiraan tren masa depan. Mahasiswa akan mempelajari cara menggunakan data untuk menginformasikan keputusan desain dan bisnis.
Pertemuan ini adalah pendampingan pembuatan portofolio kerja, dimana mahasiswa diharapkan ketika sudah lulus prodes sudah membuat karya portofolio untuk penunjang kerja. portofolio dibuat dari tugas mahasiswa selama 1 tahun berkuliah di prodes